Oleh-oleh Dari Hong Kong, Obama Melihat Saya Menelepon Seseorang di Madame Tussauds (Bagian 3)

Gambar

BERSAMA OBAMA – Saya berfoto di meja kerja di depan patung lilin Barack Obama di museum Madame Tussauds, Hong Kong, Jumat (13/5/2011). Museum ini menyimpan puluhan koleksi patung lilin tokoh-tokoh terkenal dunia. (foto: akhmad junaidi siregar)

MASIH di kawasan Victoria Peak, Jumat (13/5/2011). Setelah mengunjungi The Peak, saya melanjutkan perjalanan ke Madame Tussauds. Madame Tussauds adalah museum patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal di dunia. Nama museum ini, sesuai dengan nama pendirinya, yakni Madame Tussaud?

Siapa Madame Tussauds? Awalnya Madame Tussaud bernama Marie Grosholz lahir tahun 1761, ibunya Phillipe Curtuis adalah seorang dokter yang sering mengadakan pameran patung lilin untuk keperluan dunia kedokteran. Sepanjang hidupnya, ia mengikuti jejak ibunya sebagai pematung lilin.

Di usia ke-21, ia sudah bisa membuat patung lilin seorang tokoh filosofi  Francois-Marie Arouet Voltaire. Karena keterampilannya yang luar biasa, Grosholz dipercaya sebagai tutor pembuat patung lilin istana Versailles. Dia mengajar saudara perempuan Louis XVI dan mendapat fasilitas dan tempat tinggal di istana Perancis.

Hingga pecah perang Revolusi Prancis, Grosholz terus membuat patung lilin para tokoh terkenal. Ia juga membantu ibunya membuat kepala lilin para kerabatnya di Versailles yang telah dipenggal. Akhirnya Grosholz menikah dengan Francois Tussaud pada tahun 1795 mereka dikaruniai dua orang putra dan setelah itu Grosholz dikenal sebagai Madame Tussauds.

Untuk masuk ke Madame Tussauds, saya membayar karcis 170 dolar Hong Kong. Harga ini adalah tarif untuk kategori dewasa. Sedangkan tarif karcis untuk anak-anak dan orangtua di atas 65 tahun dikenakan tarif 90 dolar Hong Kong.

Gambar

PINTU MASUK – Suasana pintu masuk museum Madame Tussauds di Hong Kong. Foto diambil Jumat (13/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

Di pintu masuk Madame Tussauds, ada James Bonds dan Michelle Yeoh yang menyambut pengunjung. Melewati Michelle Yeoh sudah menanti artis kenamaan asal Hong Kong, Jacky Chan. Di Madame Tussauds ini, pengunjung bisa berfoto dengan semua patung lilin yang ada dan dengan menggunakan kamera pribadi, tetapi khusus untuk Jacky Chan, pengelola tidak membenarkan menggunakan kamera pribadi, melainkan dengan kamera pihak Madame Tussauds. Tarifnya: 100 dolar Hong Kong.

Di Madame Tussauds, saya seolah diajak menikmati suasana yang kerap dialami para selebritas dunia saat menghadiri acara tertentu. Tourist Guide dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), Carolus Chui mengatakan, total ada 90 koleksi patung di Madame Tussauds yang dipamerkan di tiga lantai.

Lantai pertama diisi patung-patung artis Asia dan beberapa artis Hollywood seperti Barbie Shue, Cecilia Chung, Andy Lau, Lang Lang, Aaron Kwok, Kelly Chen, Nicole Kidman, Angelina Jolie, Brad Pitt dan Meryl Streep. Di lantai dua, ada koleksi pejabat-pejabat pemerintahan, tokoh dunia dan atlet seperti: Lady Di, Barack Obama, George Bush, Ratu Elisabeth, Bill Clinton, Hitler, Saddam Husein, mahatma Gandhi, David Beckham, Lio Xiong dan Tiger Woods.

Gambar

BERSAMA MADONNA – Foto bersama Madonna. Foto diambil Jumat (13/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

Gambar

BERSAMA LADY DI – Foto bersama Lady Di. Foto diambil Jumat (13/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

Sedangkan di lantai tiga terdiri dari koleksi penyanyi dan musisi dari Asia dan Amerika seperti: Madonna, Lady Gaga, The Beatles, Elvis Presley, Michael Jackson, Teresa Yang dan Twins. Menurut Carolus, setiap tahunnya Madame Tussauds menambah dua koleksi patung lilin.

Selama mengunjungi Madame Tussauds, saya berfoto bersama tokoh-tokoh dunia dari bidang politik dan seni. Tokoh-tokoh dari bidang seni yang saya jadikan teman berfoto adalah: Angelina Jolie dan Brad Pitt, Andy Lau, The Beatles, Madonna dan Johnny Depp. Saya juga berfoto disamping pendiri museum, Madame Tussauds. Sedangkan untuk tokoh politik saya berfoto bersama Hitler dan Saddam Husein, Lady Di dan Barack Obama.

Sebagai pengagum Obama, saya memanfaatkan kunjungan ini untuk berfoto bersama. Namun dengan ekspresi yang berbeda. Saya duduk di kursi kerja Obama, mengambil telepon, menaikkan kaki ke meja dan kemudian menelepon. Sementara di belakang saya, Obama memperhatikan saya sedang menelepon seseorang. Hehehehe, kalau melihat ekspresi ini, sepertinya saya yang menjadi Obama dan Obama di belakang saya adalah ajudan. Hahahaha.

Gambar

BERSAMA THE BEATLES – Foto bersama The Beatles. Foto diambil Jumat (13/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

Gambar

BERSAMA MARIE TUSSAUDS – Foto bersama Marie Tussauds. Foto diambil Jumat (13/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

Menurut saya pribadi, konsep Madame Tussauds sangat keren. Beberapa selebriti, tokoh politik dan pejabat pemerintahan yang mungkin sulit ditemui oleh kita dapat ditemukan di Madame Tussauds. Memang hanya lilin, tapi lilinnya dibuat semirip mungkin. Saya sendiri semula tak yakin kalau mirip. Tetapi begitu melihat replikanya, bentuk mata, bibir, sampai rahang semua sama persis dengan aslinya.

Di Madame Tussauds, pengunjung juga dapat melihat penjelasan proses pembuatan patung lilin. Petugas museum juga akan mengambil foto pengunjung beberapa kali. Jika tertarik, pengunjung dapat membelinya di pintu keluar.

Gambar

BERSAMA HITLER DAN SADDAM – Foto di tengah-tengah Hitler dan Saddam Husein. Foto diambil Jumat (13/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

Oya, Madame Tussauds awalnya berdiri di London, Inggris, dengan cabang-cabang di beberapa kota besar di dunia seperti . Amsterdam, Las Vegas, New York City, Hong Kong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles, dan Washington DC. Kini, Madame Tussauds saat ini dimiliki oleh, Merlin Entertainments, sebuah perusahaan wisata setelah mengakuisisi Tussauds Group pada bulan Mei 2007.

Di Madame Tussauds, saya dan empat teman mampir ke Scream. Scream adalah sebuah satu area (rumah) hantu yang bisa dinikmati secara gratis. Di dalam Scream, ada puluhan patung lilin hantu yang siap menakuti-nakuti pengunjung. Bentuknya bermacam-macam. Ada patung mayat yang bangkit dari tempat tidur, mayat yang berjalan dengan darah yang masih menempel di pakaian dan mayat tahanan dengan tangan dan kaki yang masih di rantai.

Sebelum masuk ke dalam Scream, kami membaca petunjuk. Disarankan agar tidak masuk sendiri melainkan berkelompok minimal tiga orang. Selama menjelajah di Scream, tangan pengunjung disarankan untuk memegang bahu teman yang ada didepannya. Sederhana saja, hal ini agar pengunjung tidak merasa ketakutan. Saya dan teman-teman membutuhkan waktu 10 menit untuk menjelajah isi Scream.(Bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s