Oleh-oleh Dari Hong Kong, 15 Menit yang Bercahaya di Symphony of Lights (Bagian 5)

Gambar

KILAUAN CAHAYA – Kilauan cahaya terpancar dari sebuah gedung tinggi di Pulau Hong Kong saat pertunjukan Symphony of Lights, Sabtu (14/11/2011). Pertunjukan ini berlangsung selama 15 menit setiap hari. (foto: akhmad junaidi siregar)

Gambar

KILAUAN CAHAYA – Kilauan cahaya terpancar dari sebuah gedung tinggi di Pulau Hong Kong saat pertunjukan Symphony of Lights, Sabtu (14/11/2011). Pertunjukan ini berlangsung selama 15 menit setiap hari. (foto: akhmad junaidi siregar)

HARI ketiga di Hong Kong, Sabtu (14/5/2011). Seusai berbelanja di Ladies Market, saya kembali ke hotel tempat saya menginap dihotel The Kowloon Hotel di kawasan Tsim Sha Tsui, Pulau Kowloon. Saya beristirahat sekitar tiga jam hingga pukul 18.30 waktu setempat. Perjalanan saya selanjutnya adalah menyaksikan pertunjukan “Symphony of Lights” pada pukul 20.00 waktu setempat.

Setelah selesai makan malam, sekitar pukul 19.15 waktu setempat, dengan menumpang bus pariwisata sewaan, saya dan teman-teman bergerak menuju pertunjukan di sepanjang kawasan  pelabuhan di daerah Tsim Sha Tsui (Victoria Harbour). Kecuali sedang ada badai, maka pertunjukan ditiadakan.

Symphony of Lights adalah pertunjukan yang memadukan sinar laser, multimedia dan musik. Pertunjukan ini berasal dari 40-an gedung yang terletak di dua pulau yang berhadapan di Victoria Harbour yakni Pulau Hongkong dan Pulau Kowloon. Disebut-sebut, pertunjukan ini pernah memenangkan Guiness Book of Record sebagai “the world’s largest permanent light and sound show”.

Ada beberapa titik yang disebut “tempat terbaik” untuk menyaksikan pertunjukan ini. Pertama, di tepi laut Tsim Sha Tsui, mulai Hongkong Cultural Center sampai Avenue of Stars. Di sini terdapat deretan bangku untuk menonton. Sementara dari Pulau Hong Kong, tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan lampu ini adalah dari waterfront di halaman Golden Bauhinia Square (Wan Chai) sambil menaiki kapal ferry.

Gambar

RIBUAN PENGUNJUNG – Setiap hari, ribuan pengunjung datang menyaksikan pertunjukan Symphony of Light di Victory Harbour, Pulau Kowloon, Hong Kong. Foto diambil Sabtu (14/5/2011). (doto: akhmad junaidi siregar)

Gambar

KAPAL FERRY – Pengunjung yang beruntung bisa menaiki kapal ferry untuk menyaksikan pertunjukan Symphony of Lights. Foto diambil Sabtu (14/5/2011). (doto: akhmad junaidi siregar)

Pertunjukan diadakan setiap hari, jam 20.00 selama 15 menit tanpa dipungut biaya. Sangat disarankan untuk datang sebelum pertunjukan dimulai sehingga kita dapat mencari spot yang bagus. Saya sendiri mendapatkan lokasi yang tidak baik untuk menyaksikan pertunjukan tersebut karena tempat-tempat terbaik sudah dipenuhi ribuan pengunjung.

Pada pukul 19.30 atau setengah jam sebelum pertunjukan dimulai, maka protokol akan mengumumkan bahwa pertunjukan akan dimulai. Pengumuman disampaikan setiap 15 menit dengan menyelipkan narasi pembuka berupa alunan musik yang keluar dari sound system.  Tepat pada pukul 20.00, pertunjukan pun dimulai. Sembarui narasi terus terdengar, petugas protokol memperkenalkan gedung-gedung yang terlibat dalam pertunjukan tersebut.

Saat diperkenalkan gedung tersebut menampilkan variasi cahaya yang berbeda-beda. Variasi cahaya tersebut ada yang mengarah ke langit, kelap kelip, saling berkejaran di udara, dan lain-lain. Setelah perkenalan gedung, musik pun mengalun. Saat musik mengalun, cahaya-cahaya yang muncul dari setiap gedung semakin semarak hingga suasananya semakin mencengangkan. Suasana ini berlangsung selama 15 menit.

Gambar

TEPI PELABUHAN – Saya menyempatkan diri berfoto di tepian pelabuhan di kawasan Tsim Sha Tsui (Victoria Harbour) saat pertunjukan Symphony of Lights berakhir. Foto diambil Sabtu (14/5/2011). (doto: akhmad junaidi siregar)

Oya, masih berdekatan dengan kawasan tepi pelabuhan, di sebelah kiri ada Avenue of Stars. Avenue of Stars adalah jalur jalan (promenade) sepanjang 440 meter di tepi Victoria Harbour. Avenue of Stars ini sekilas mengadaptasi Hollywood Walk of Fame. Di atas jalur ini terdapat tapak tangan dan beberapa pernik selebritis Hong Kong yang diklaim sebagai Hollywood of Asia.(Bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s