Oleh-oleh dari Hong Kong, Selama 25 Menit Melayang di Atas Pulau Lantau (Bagian 6)

Gambar

KERETA GANTUNG – Saya berfoto sebentar sebelum masuk ke dalam kereta gantung yang akan membawa saya ke Ngong Ping Village, Pulau Lantau, Hong Kong, Minggu (15/5/2011). Perjalanan menuju Ngong Ping Village dengan menggunakan kereta gantung membutuhkan waktu 25 menit.(foto: akhmad junaidi siregar)

Gambar

PEMANDANGAN – Dengan menggunakan kereta gantung, penumpang bisa menyaksikan pemandangan yang berada di atas Pulau Lantau, Hong Kong. Foto diambil Minggu (15/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

MINGGU (15/5/2011) adalah hari keempat atau hari terakhir saya berada di Hong Kong. Namun, sebelum kembali ke Medan, masih ada dua tempat lagi yang akan saya kunjungi yakni  Ngong Ping Village di Pulau Lantau.

Untuk menuju ke Ngong Ping Village di Pulau Lantau, dapat ditempuh dengan dua cara, yakni dengan menggunakan MTR dan cable car (kereta gantung). Jika anda tidak tinggal di Pulau Lantau, gunakanlah MTR, naiklah MTR jurusan Tung Chung, lalu ikuti alur exit B dan naiklah NLB/New Lantau Bus No. 23. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam dengan ongkos HKD17,20 (weekday) dan HKD27,00 HKD (weekend dan public holiday). Ongkos untuk anak-anak dikenakan setenganya.

Saya dan rombongan memilih transportasi yang kedua yakni cable car.  Namun, dari hotel tempat saya menginap di The Kowloon Hotel, Tsim Sha Tsui, Pulau Kowloon, saya masih menggunakan bus pariwisata carteran hingga ke kawasan Tung Chung, perbatasan dengan Ngong Ping. Dari Tung Chung inilah, sensasi mendebarkan dengan menaiki kereta gantung akan dimulai.

Kereta gantung menuju Ngong Ping Village ini membentang sepanjang 5,7 km, menghubungkan Tung Chung dan Ngong Ping, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Waktu tempuh ini tentu saja lebih cepat dibandingkan jika kita naik bus. Selain itu, pemandangan yang kita saksikan saat berada di dalam kereta gantung lebih menakjubkan.

Gambar

DI DALAM KERETA – Saya menyempatkan diri berfoto di dalam kereta gantung yang membawa saya menuju Ngong Ping Village, Pulau Lantau, Hong Kong , Minggu (15/5/2011) (foto: akhmad junaidi siregar)

Ada beberapa pilihan harga untuk naek kereta gantung menuju Ngong Ping Village.

Pilihan Dewasa Anak
Standard Cabin (round trip) HKD 107 HKD 54
Standard Cabin (single trip) HKD 74 HKD 38
Crystal Cabin (round trip) HKD 157 HKD 104
Crystal Cabin (Single Trip) HKD 109 HKD 73
Crystal Cabin+Standard Cabin HKD 142 HKD 89

Apa bedanya Cable Car dengan Standard Cabin dengan Crystal Cabin? Standard Cabin adalah kereta gantung biasa dengan kapasitas maksimal 10 orang. Sedangkan Crystal Cabin ukurannya sama dengan Standard Cabin, tetapi dinding dan lantainya terbuat dari kaca. Karena terbuat dari kaca, maka saat berada di dalam kereta jenis Crystal Cabin, saya serasa melayang di atas tanah Pulau Lantau selama 25 menit. Saya dengan jelas bisa menyaksikan pemandangan Pulau Lantau dan aktivitas manusia yang berada di bawahnya. Sebagai  penumpang Crystal Cabin, saya diberikan gelang penanda.

Setelah membeli tiket Crystal Cabin, saya harus ikut antrean. Tak lema, sekitar 15 menit saja, karena memang kereta gantung tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Proses berputar kereta gantung dan terbukanya pintu kereta gantung tak lama, sekitar 10-15 detik saja. Karena itu, jika tak buru-buru masuk, maka kereta gantung akan langsung memutar dan jika tak sempat masuk, kita harus menunggu kereta berikutnya.

Setelah masuk ke dalam kereta, maka saya memulai perjalanan selama 25 menit yang mendebarkan itu. Dari dalam kereta, saya bisa melihat dengan jelas, lautan luas di Pulau Lantau, jembatan dan Bandar udara internasional Hong Kong. Setelah setengah perjalanan, saya juga bisa bisa melihat Giant Budha di kejauhan. Giant Budha adalah satu dari beberapa objek wisata yang sakan saya datangi di Ngong Piung Village.

Gambar

GIANT BUDHA – Dari dalam kereta gantung, saya dapat menyaksikan Giant Budha di Ngong Ping Village, Pulau Lantau, Hong Kong. Foto diambil Minggu (15/5/2011). (foto: akhmad junaidi siregar)

 Saya juga sudah pernah naik kereta gantung menuju Genting Highland di Malaysia. Kesimpulannya? Naik kereta gantung di Hong Kong lebih mendebarkan dibandingkan di Genting Highland.(Bersambung)

Tinggalkan Balasan

