Veritas Unika, Majalah Mahasiswa Unika Santo Thomas, Berani Menulis Dimanapun Medannya (2)

10 Juli 2013-Majalah Veritas-Sampul Depan

EDISI PERDANA – Sampul depan edisi perdana (O1/Juni-Juli 2013) Majalah Veritas Unika Santo Thomas Medan.(foto:repro)

PERSOALAN nama sempat menjadi perdebatan kecil diantara para anggota Komunitas Veritas Unika Santo Thomas. Tetapi kami berprinsip, nama majalah harus singkat, mudah diingat dan punya makna. Dari beberapa kali diskusi, kami sepakat nama majalah atau publikasi kampus tersebut harus berlandaskan dua hal yakni: (1) lembaga yang menerbitkan (VERITAS) dan (2) institusi pendidikan tempat lembaga bernaung (UNIKA). Dengan demikian, maka nama majalah mahasiswa adalah VERITAS UNIKA. VERITAS diambil dari bahasa Latin yang artinya “KEBENARAN”.

Setelah menemukan nama, kami juga harus mencari apa motto majalah ini. Sama halnya dengan nama, kami juga berprinsp, motto majalah tidak perlu panjang-panjang, mudah diingat dan punya makna. Motto juga menggambarkan latar belakang, maksud dan tujuan majalah ini didirikan. Kami pun bertemu dengan motto “Berani Menulis Dimanapun Medannya”.

Kata-kata “Berani Menulis Dimanapun” diharapkan memberikan semangat adalah semua civitas akademika Unika Santo Thomas Medan, khususnya mahasiswa agar berani menuangkan ide, pikiran, gagasan dan hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan. Sedangkan kata: “Medannya” artinya jenis medianya. Artinya, harus berani menulis di koran, majalah dan tabloid baik terbitan Medan maupun luar Medan.

Tak bisa dipungkiri, tidak sedikit mahasiswa Unika Santo Thomas Medan yang memiliki minat dan bakat dalam bidang menulis maupun meneliti. Namun, kampus belum memiliki media internal untuk melatih minat dan bakat tersebut atau menerbitkan tulisan-tulisan mahasiswa. Sementara untuk mengirimkan ke media cetak komersial di Medan dan luar Medan, masih banyak mahasiswa yang belum berani (ragu). Mahasiswa takut karyanya ditolak.

Di lain pihak, anggota-anggota Komunitas Veritas juga banyak menghasilkan tulisan-tulisan yang tidak seluruhnya dapat ditampung oleh media cetak komersial di Medan. Sehingga majalah mahasiswa bisa menjadi alternatif untuk menerbitkan tulisan-tulisan anggota Komunitas Veritas. Hal inilah yang melatarbelakangi, mengapa majalah ini harus diterbitkan.

Adapun maksud penerbitan Veritas Unika adalah (1) Sebagai sarana berlatih bagi seluruh mahasiswa Unika Santo Thomas Medan untuk menuangkan ide, pikiran, gagasan dan hasil penelitian dalam bentuk tulisan, (2) Bagi anggota Komunitas Veritas, majalah ini juga sebagai media alternatif untuk mempublikasikan karya-karyanya, dan (3) Dengan mengelola sebuah majalah mahasiswa, mahasiswa yang tergabung di dalamnya bisa belajar beroganisasi, memanajemen diri, bekerjasama dengan orang lain dan memanajemen waktu.

Sedangkan tujuannya adalah: Terciptanya sebuah media mahasiswa yang mampu menempa mahasiswa Unika Santo Thomas sebagai insan-insan yang mampu mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bidang Penelitian dan Penulisan serta menjadi cikal bakal media alternatif yang berpengaruh di level mahasiswa di Sumatera Utara.

Majalah Veritas Unika direncanakan terbit setiap dua bulan dengan oplah 1.000 eksemplar. Selain di internal kampus Unika Santo Thomas, majalah ini direncanakan juga akan diedarkan di beberapa titik di luar kampus, seperti pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong anak muda. Rubrik-rubrik yang ada antara lain: Fokus (membahas isu berkembang baik internal kampus dan luar kampus), Opini, Resensi Buku, Alumni Kita (profil alumni Unika Santo Thomas), Mahasiswa Berprestasi (profil mahasiswa berprestasi), Intra Kampus (profil lembaga kemahasiswaa), Rehat (cerpen, puisi dan lain-lain) dan Berita Kampus (informasi singkat kegiatan-kegiatan kampus).

Untuk rubrik-rubrik seperti Opini, Resensi Buku, Rehat dan Berita Kampus, redaksi mendedikasikan untuk seluruh civitas mahasiswa Unika Santo Thomas Medan. Artinya mereka bisa menuliskan segala informasi yang sesuai dengan rubrik tersebut di Veritas Unika. Sebagai timbal balik atas tulisan yang dikirim, redaksi Veritas Unika menyediakan suvenir kepada para penulis yang tulisannya dimuat. Suvenir ini kami peroleh dari para pemasang iklan yang bersedia memasang iklan di majalah Veritas Unika.(bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s