Veritas Unika, Majalah Mahasiswa Unika Santo Thomas, Banyak yang Menyebut Kami Sedikit Gila (3)

10 Juli 2013-Majalah Veritas

BACKDROP – Inilah backdrop peluncuran majalah Veritas Unika. Majalah ini dijual Rp 3.000 per eksemplar.(foto:repro)

BANYAK yang menyebut kami (Komunitas Veritas) sedikit gila ketika memiliki ide menerbitkan publikasi mahasiswa seperti majalah. Tak sedikit pula yang pesimis dengan ide kami ini. Alasan mereka sederhana, minat baca dan menulis mahasiswa Unika Santo Thomas yang minim dan dana mencetak majalah juga tak sedikit.

Tapi kami punya argumen tersendiri soal alasan itu. Pertama, banyak keberhasilan yang justru lahir dari ide-ide yang sedikit gila kan. Argumen inilah yang kemudian membuat kami semakin yakin untuk menerbitkan Veritas Unika. Kedua, kami melihat banyak mahasiswa Unika Santo Thomas yang memiliki potensi menulis. Hanya saja, media untuk berlatih yang masih minim.

Karena itu, majalah ini kami terbitkan sebagai media untuk berlatih bagi mereka. Kami berharap, setelah berani menulis di Veritas Unika, mereka (mahasiswa) berani mengirimkan tulisannya ke media mainstream yang ada di Medan maupun luar Medan.

Saat menerbitkan majalah Veritas Unika, sejatinya kami hanya punya tiga hal: semangat, kebersamaan dan dana yang pas-pasan. Soal semangat, kami punya cita-cita agar kampus Unika Santo Thomas bisa setara dengan kampus-kampus lain di Sumatera Utara dalam hal publikasi mahasiswa seperti USU (majalah Suara USU), FISIP USU (majalah Diktum dan website Pijar), Unimed (majalah Kreatif), UMSU (majalah Teropong), IAIN Sumut (majalah Dinamika), STMIK/STIE IBBI (tabloid Expresi) dan Universitas Prima Indonesia (tabloid Prima).

Sejalan dengan semangat itulah, kami berupaya membangun kebersamaan yang positif agar penerbitan majalah ini bisa terus berjalan. Seluruh anggota redaksi kerap berkumpul untuk berdiskusi dan belajar bagaimana teknik-teknik menerbitkan majalah ataupun belajar teori-teori jurnalistik. Dengan kebersamaan yang ada, kami berupaya untuk menghadapi dan tidak menghindari masalah.

10 Juli 2013-Majalah Veritas (1)

RAPAT REDAKSI – Rapat redaksi majalah untuk persiapan penerbitan perdana majalah Veritas Unika di Ruang 1/1 Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas Medan, April 2013 lalu. Rapat ini sekaligus dirangkai dengan diskusi tentang jurnalistik.(foto:nazar situmorang)

Kemudian soal dana. Terus terang, majalah mahasiswa sangat mudah untuk berhenti terbit. Alasannya klasik, dana. Bagaimana dengan Veritas Unika? Sama saja. Jujur saja, Veritas Unika ini kami terbitkan dengan dana yang pas-pasan. Pendanaan majalah ini kami lakukan secara mandiri dan bukan dari dana universitas. Dananya kami peroleh dari iuran anggota redaksi, penjualan majalah, sumbangan hadiah anggota redaksi yang tulisannya dimuat di media cetak dan menang lomba dan sumbangan alumni.

Penjualan majalah kami prediksi masih menjadi pemasukan terbesar untuk Veritas Unika. Karena itu, kepada para pembaca, dukung majalah Veritas Unika agar tetap terbit dengan membeli Veritas Unika.(bersambung)Β 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s