10 Benda Kecil Wajib di Kamar Kos

PIRING dan sendok adalah satu dari sekian banyak benda kecil yang wajib ada di kamar kosmu. (FOTO:  PIXABAY.COM)

PIRING dan sendok adalah satu dari sekian banyak benda kecil yang wajib ada di kamar kosmu. (FOTO: PIXABAY.COM)

KHUSUS bagi mahasiswa baru yang berasal dari daerah dan memilih melanjutkan studi di ibu kota, kos adalah pilihan terbaik selain tinggal di rumah saudara.

Bagi yang sudah terbiasa dengan kehidupan anak kos, mungkin tidak akan bingung lagi saat harus jauh dari keluarga. Namun bagi yang belum pernah ngekos (menjadi anak kos) pasti akan bingung mempersiapkan apa saja yang diperlukan selama di kos nantinya.

Bagi kamu yang baru pertama kali jadi anak kos, maka melengkapi isi kamar dengan berbagai barang-barang kebutuhan kos adalah wajib hukumnya. Beberapa diantara kamu mungkin bingung memilih barang-barang apa saja yang menjadi prioritas untuk masuk ke dalam kamar. Ada yang hanya memikirkan barang-barang yang besar-besar saja seperti lemari, tempat tidur, meja belajar atau kursi. Akibatnya, barang-barang kecil terlupa untuk dibeli dan dilengkapi.

Saat sibuk memilih-milih barang untuk kamar kos, jangan sampai lupa benda-benda kecil untuk kamar kosmu. Meskipun ukurannya kecil, tapi manfaatnya cukup besar, sama besarnya dengan tempat tidur, lemari ataupun meja belajarmu. Apa-apa saja benda kecil yang wajib ada di kamar kosmu? Berikut 10 diantaranya.

  1. Peralatan makan

Peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, gelas, bahkan pisau tetap harus ada di kamar kos meskipun kamu sering makan di luar. Kalau bisa, sediakan minimal dua atau tiga buah untuk setiap peralatan. Jadi kalau temanmu datang, kalian bisa makan bersama. Sebisa mungkin berilah tanda agar peralatan makanmu berbeda dengan yang lain sehingga tidak tertukar.

2. Kotak P3K

Kotak P3K ini perlu saat kamu sakit, sementara tidak ada teman sekamar atau orang lain yang bisa membantumu secepat mungkin. Sediakanlah benda-benda di kotak P3K mu seperti obat merah, gunting, perban, alkohol, obat sakit perut, obat demam, minyak angin ataupun obat yang lainnya. Suatu saat kamu tentu membutuhkan benda-benda itu saat sakit. Misalnya saat ada kulit yang terluka, kamu bisa mengobatinya dengan cepat.

3. Peralatan menjahit

Lengkapi peralatan menjahit di kamarmu dengan jarum, benang, gunting kecil ataupun kancing. Ketika ada kainmu yang robek kamu bisa menjarumnya sendiri tanpa harus pergi ke tukang jahit. Atau saat kancing bajumu lepas, kamu dapat menggantinya sendiri. Hemat bukan.

4. Setrika

Untuk menghemat biaya laundry, tak ada salahnya kamu menyetrika sendiri pakaianmu. Harap diingat, kepribadian seseorang kadang bisa dinilai dari kerapian pakaiannya loh. Maka dari itu, kerapian pakaianmu harus kamu perhatikan, terutama saat beraktivitas di luar kos seperti ke kampus, atau ke acara-acara penting lainnya.

5. Kipas angin mini

Kalau kamar kosmu tak punya fasilitas AC, isilah kamarmu dengan kipas angin mini. Begitupun, kalau kamarmu ada AC, tak ada salahnya, kamu juga membawa kipas angin mini sebagai cadangan jika sewaktu-waktu listrik mati (tak ada fasilitas genset) ataupun ada masalah dengan AC mu.

6. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi boleh jadi adalah barang yang sangat privat (pribadi). Kalau kamu harus berbagi kamar mandi, maka pastikan kamu juga tidak berbagi perlengkapan mandi seperti gayung, sikat gigi, alat cukur dan sandal jepit. Bawalah selalu perlengkapan mandimu ke kamar sehabis mandi agar tidak digunakan penghuni kamar yang lain.

7. Seprai dan sarung bantal

Siapkanlah seprai dan sarung bantal lebih dari satu, agar kamu bisa mengganti seprai dan sarung bantal yang kotor lebih teratur. Jika ibu kos telah menyiapkan seprai dan sarung bantal, tak ada salahnya membawa seprai dan sarung bantal sebagai cadangan.

8. Radio/CD Player

Kamu tentu butuh hiburan. Musik atau lagu adalah contohnya. Siapkan radio kecil atau CD Player di kamarmu yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan lagu, atau sekadar mendengarkan musik dan berita dari chanel radio pilihanmu. Sebagian orang merasa tak bisa beraktivitas atau belum bisa tidur tanpa mendengarkan musik. Karena itu alat musik ini cocok kamu miliki.

9. Perlengkapan merias

Tak cuma perempuan yang butuh perlengkapan ini, laki-laki juga raus memilikinya. Lucu juga kan, kalau untuk sisiran, kamu harus ke kamar sebelah. Lengkapi perlengkapan meriasmu dengan cermin (cermin mini juga boleh), sisir, gunting kuku ataupun pinset.

10. Foto orang yang kamu sayangi

Nah, sebagai pengobat rindu di perantauan, bawalah foto orang-orang yang kamu sayangi seperti foto orangtua, kakak dan adik, pacar ataupun teman-teman akrabmu. Berkreasilah dengan foto-foto tersebut. Kamu boleh memajangnya di atas meja, di dinding atau di sela-sela rak buku.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s