Motivation Card, Menulis Buku dan Memotivasi Karyawan ala Doddy Agustian

30 Desember 2015-Doddy Agustian Terbitkan Buku untuk Motivasi Karyawan (2)

DODDY Agutian, Area Manager Regional Jatim Informa Furnishing (PT HOme Center Indonesia). (FOTO: DOK PRIBADI)

MEMBAWAHI sekitar 400-an karyawan tentu bukan perkara mudah bagi Doddy Agustian. Pria asal Medan berusia 36 tahun yang kini menjabat Area Manager Regional Jatim Informa Furnishing (PT Home Center Indonesia) ini sejatinya tak hanya dituntut untuk mengatur ratusan individu dan memahami karakter karyawannya. Lebih dari itu, sebagai pimpinan, Doddy juga harus bisa memotivasi semua bawahannya dengan berbagai cara agar bekerja sesuai target dan mendapat prestasi yang maksimal.

Lalu cara apa yang digunakannya? Akhir Oktober 2015 lalu, saya menerima kiriman buku “Kuat Bukan Rapuh” yang ditulis Doddy Agustian. Doddy saya kenal sekitar lima tahun lalu saat pertama sekali menjadi narasumber saya untuk sebuah majalah properti di Medan. Orangnya ramah, rapi dan supel. Saya nyaman saat berbicara dengannya. Saya menaruh salut kepadanya, karena di tengah kesibukannya mengatur ratusan karyawan, dia masih sempat menulis buku.

Kepada saya, Doddy bercerita dirinya mempunyai cara yang sebenarnya tergolong sederhana namun penuh makna untuk memanaj ratusan karyawannya. Memanfaatkan kegemarannya menulis fiksi (puisi dan prosa) di blog pribadinya, Doddy memberanikan diri menerbitkan tulisan-tulisannya dalam bentuk buku yang berjudul “Kuat Bukan Rapuh”. Buku ini diterbitkan Oksana Publishing dan cetakan pertama pada tahun 2015.

30 Desember 2015-Doddy Agustian Terbitkan Buku untuk Motivasi Karyawan (4)

BUKU “Kuat Bukan Rapuh” karya Doddy Agustian, terbitan Oksana Publishing tahun 2015. (FOTO: DODDY AGUSTIAN)

Doddy mengatakan, buku ini merupakan buku pertama yang ia tulis sendiri. Sebelumnya, dirinya sudah pernah menulis buku antologi tentang manajemen dan leadership bersama sejumlah temannya.

“Buku ini sering saya jadikan hadiah atau bagi tim saya yang berprestasi. Misal The Best Sales. Dan ini menarik bagi mereka. Biasanya mereka bangga, rewardnya diberikan buku yang ditulis langsung oleh atasannya. Saya berharap besar, lewat buku tersebut, saya mampu memotivasi rekan-rekan kerja dan orang lain,” ujarnya tersenyum.

Jujur, kata Doddy, buku yang ditulisnya awalnya untuk anak-anaknya. Harapannya, ada “warisan” yang tidak bisa dinilai dengan uang. Isi buku ini banyak berisi pesan moral dalam menjalani kehidupan serta mengajak pembaca untuk selalu bersyukur, jujur, berbakti kepada orangtua terutama ibu dan tentu saja jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Segala-galanya. “Setiap judul artikel saya buat menarik agar orang penasaran seperti: Rumputku lebih Biru,  Tuhan Pasti Menjawab Iya, Bahagianya Tuh di Sini, dan lain-lain,” katanya.

Selain memotivasi lewat buku, Doddy juga kerap memberikan motivation card untuk diberikan ke timnya. “Sebagai pimpinan, saya dituntut untuk selalu bisa memotivasi karyawan untuk bekerja dengan sebaik – baiknya. Nah biasanya saya memotivasi melalui tulisan. Menurut saya ini (motivation card) terbukti lebih efektif. Selain itu tim merasa lebih dihargai. karena motivasi sesungguhnya bukan hanya sekedar uang,” katanya.

Doddy mengaku dengan jujur, kalau inspirasi menulis datang dari diri sendiri. Menurutnya, lebih mudah menginsipirasi orang lain melalui tulisan daripada berbicara langsung kepada yang bersangkutan.(*)

BIODATA

Nama : Doddy Agustian

Lahir : 24 Agustus 1979

Pendidikan : SMU Negeri 3 Medan (Angkatan 97)

Pekerjaan : Area Manager Regional Jatim Informa Furnishing (PT.Home Center Indonesia)

Istri: Roslina

Anak : Sierra Aulia Shabihah, Mahayoga Abdie Nalendra, Queen Natha Almaira

Web : http;//doddyagustian.wordpress.com

Motto: Dalam hidup, janganlah hanya membuat cerita namun buatlah sejarah. Dikenal itu mah sudah biasa, Tapi kalo di kenang itu baru luar biasa :

Tinggalkan Balasan

