Kenapa Berita PS TNI Jadi Headline Tribun Edisi Minggu, 7 Februari 2016?

15 Februari 2016-Kenapa Berita PSMS Menjadi HL

PESAN masuk dari akun Eduard Manik di wall Facebook saya, Minggu (7/2/2016). (FOTO: FACEBOOK)

SAAT istirahat siang di kamar, Minggu (7/2/2016), saya mendengar Android saya berbunyi pelan. Saya hapal betul bunyinya. Itu adalah notifikasai dari Facebook. Saya buka akun Facebook saya dan melihat sebuah pesan terpampang di wall Facebook saya. Pesan tersebut datang dari Eduard Manik.

Saya baca pesan tersebut, isinya sebagai berikut: “Bukan saya tidak cinta kepada PSMS Medan, saya tidak suka halaman utama Tribun Medan no 1942-06. Bencana alam menewaskan 3 WNI hanya 1/5 dari halaman.”

Saya memang belum mengenal jauh saudara Eduard Manik. Begitupun saya cukup kaget sekaligus respek membaca pesannya yang saya nilai lebih ke protes tersebut. Saya bukan sekali dua kali menerima “pesan” dari pembaca Tribun Medan. Tapi kebanyakan pesan mereka adalah lebih ke koreksi konten (isi). Misalnya foto yang kabur, ejaan yang disempurnakan (EYD) yang kacau, atau informasi yang tidak lengkap.

16TM07021601.pdf

BERITA terkait PS TNI berjudul “Letjen Edy: PSMS Tetap PSMS” yang terbit sebagai headline (berita utama) di halaman utama Tribun Medan, edisi Minggu, 7 Februari 2016. (FOTO: REPRO TRIBUN MEDAN)

Lalu kenapakah berita PS TNI harus menjadi headline (berita utama) Tribun Medan di halaman utama Tribun Medan edisi, Minggu 7 Faberuari 2016? Sebagai editor (redaktur) yang ikut bertanggungjawab mengutak atik berita untuk Tribun Medan, saya perlu memberikan penjelasan kenapa harus PS TNI yang jadi berita utama, dan justru memberikan porsi  yang kecil untuk peristiwa gempa bumi di Taiwan. Sebelum sampai ke penjelasan lebih detil, saya sampaikan sedikit, bahwa semua berita yang terbit di Tribun Medan khususnya edisi cetak, sudah melewati tahap “seleksi” di Rapat Budegting yang dihadiri Pimpinan Redaksi, Redaktur Pelaksana, Editor, Koordinator Liputan dan Sekretaris Redaksi. Rapat Budgeting akan menilai semua berita-berita yang dikumpulkan dan ditulis reporter dari lapangan. Rapat Budgeting ini dilaksanakan setiap pukul 15.00 WIB.

Baiklah. Kenapa PS TNI yang jadi berita utama karena berkaitan dengan nilai berita. Nilai berita adalah seperangkat kriteria untuk menilai apakah sebuah kejadian cukup penting untuk diliput. Dapat saya jelaskan, ada beberapa fkomponen dalam nilai berita yang kerap menjadi acuan media dalam bekerja. Komponen-komponen tersebut adalah: kedekatan (proximity), ketenaran (prominence), akutualitas (timeliness), dampak (impact), keluarbiasaan (magnitude), konflik (conflict), keanehan (oddity), controversial (controversial), nilai kemanusiaan (human interest) dan ketegangan (suspense). Semakin banyak komponen tersebut dalam berita maka semakin besar nilai khalayak pembaca terhadap berita yang akan diterbitkan.

Lalu, apa saja komponen dalam berita PS TNI sehingga layak menjadi berita utama? Tentu staf redaksi akan melihatnya berdasarkan nilai berita dimaksud. Setidaknya, ada empat komponen mengapa berita PS TNI menjadi berita utama. Keempatnya adalah: kedekatan (proximity), akutualitas (timeliness), dampak (impact), dan controversial (controversial).

Saya membahasnya satu persatu ya. Pertama, kedekatan (proximity) berkaitan dengan dua hal yakni dekat secara fisik dan kedekatan secara emosional. Orang cenderung tertarik bila membaca berita yang peristiwa atau kejadiannya dekat dengan wilayahnya dan juga perasaan emosional berdasarkan ikatan tertentu. Begitu pulalah dengan PS TNI. PS TNI yang sebelumnya bernama PSMS Medan ini berada dalam wilayah di mana pembaca Tribun Medan berdomisili yakni Medan. Tentu tak bisa dibantah, kalau sudah bicara PSMS Medan, maka emosional warga Medan begitu menggebu-gebu. Tak hanya warga Medan, tetapi juga warga Sumatera Utara dan perantauan.

Kedua, aktualitas (timeliness). Artinya, berita, khususnya straight news, haruslah berupa laporan kejadian yang baru-baru ini terjadi atau peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Hal ini dimiliki PS TNI. Saat berita tersebut diterbitkan, PS TNI sedang dalam kegiatan serangkaian uji coba melawan Persewangi Banyuwangi dan Bali United. Artinya, nilai aktualitas ada dalam berita ini.

Ketiga, dampak (impact). Artinya sebuah kejadian yang memiliki dampak pada masyarakat luas memiliki nilai berita yang tinggi. Semakin besar dampak tersebut bagi masyarakat, semakin tinggi pula nilai beritanya. Kami merasa berita PS TNI memiliki dampak yang cukup besar bagi warga Medan dan Sumut karena keberadaan PS TNI yang berhome base di Medan.

Keempat, kontroversial (controversial) yakni suatu peristiwa yang bersifat kontroversial akan menarik untuk diketahui karena mengandung kejanggalan. Apa nilai controversial berita PS TNI? Jawabannya adalah penggunaan nama PS TNI di laga uji coba tersebut. Sebelumnya saat berlaaga di Turnamen Jenderal Sudirman Cup, nama PSMS sudah diganti menjadi PS TNI. Nah, dalam laga uji coba tersebut, lagi-lagi bukan nama PSMS yang dibawa, melainkan PS TNI. Hal ini sebenarnya sudah menjadi kontroversi di masyarakat khususnya pecinta PSMS. Banyak pihak yang penasaran kenapa tetap membawa nama PS TNI.

Lalu bagimana dengan berita Tiga WNI Tewas dalam Gempa Taiwan? Komponen-komponennya mungkin agak-agak sama dengan berita PS TNI. Dari sisi aktualitas, dampak, atau human interest mungkin sama. Tapi ada satu komponen yang membuat berita PS TNI lebih unggul dibanding berita WNI tewas di gempa Taiwan. Komponen tersebut adalah kedekatan (proximity). Peristiwa gempa Taiwan jauh sekali di Taiwan. Dibandingkan berita PS TNI, pembaca Medan (Sumut) dijamin lebih penasaran membaca berita PS TNI disbanding gempa Taiwan. Apalagi tak ada warga Sumut yang menjadi korban di gempa Taiwan tersebut. Tapi seandainya, ada warga Sumut yang menjadi korban, kami pastikan, Tribun Medan akan menjadikannya sebagai berita utama di halaman utama. Apapun dan siapapun yang berkaitan dengan warga Sumut yang menjadi korban akan dikejar seperti keluarga korban.

15 Februari 2016-Kenapa Berita PSMS Menjadi HL (1)

TEASER (pendahulua/daya tarik) berita gempa di Taiwan di halaman utama (foto) atas dan berita selengkapnya ditampilkan di halaman 6 (rubrik Jiran) Tribun Medan, edisi Minggu, 7 Februari 2016. (FOTO: REPRO TRIBUN MEDAN)

Begitupun, kami tetap memberikan porsi yang cukup untuk berita gempa Taiwan. Selain kami menjadikannya teaser (pendahuluan/daya tarik) di halaman utama, berita gempa Taiwan kami sajikan dengan cukup lengkap di halaman (rubrik) Jiran di edisi yang sama. Malah, sebagai berita utama di halaman (rubrik) tersebut.

Itulah alasan kenapa berita PS TNI menjadi berita utama di halaman utama Tribun Medan, edisi Minggu, 7 Februari 2016. Intinya semua berita yang terbit sudah melalui pertimbangan dan diskusi yang matang. Harapannya, semua berita yang diterbitkan Tribun memenuhi keinginan semua pembaca, walaupun kadang-kadang kami di redaksi tidak yakin betul kalau semua keinginan pembaca terpenuhi.

Saya pribadi tentu berterima kasih dengan kritikan dari Eduard Manik ini. Jika ada kritik atau masukan dari Eduard Manik-Eduard Manik yang lain, tentu saya terima dengan senang hati. Saya berharap, kritikan dan masukan dari pembaca, membuat Tribun Medan semakin baik dan tentu saja semakin laku. He…he… (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s