Medan Bean Bag, Daur Ulang Sterefoam Menjadi Lazy Chair

29 Juni 2016-Medan Bean Bag (3)

BEBERAPA model lazy chair produksi Medan Bean Bag, usaha kecil-kecilan yang mendaur ulang sterefoam.(FOTO: REPRO)

APAPUN limbah yang ada di sekitar kita, asalkan dikelola dengan kreativitas yang baik, maka limbah tersebut akan menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi. Hal inilah yang dilakukan teman saya, Ewie dengan Medan Bean Bag yang ia dirikan tiga bulan lalu.

Medan Bean Bag adalah usaha kecil-kecilan yang didirikan Ewie berkolaborasi dengan adiknya Sena. Medan Bean Bean Bag khusus mendaur ulang sterefoam menjadi produk lazy chair (kursi santai) yang cantik dan bernilai ekonomi tinggi.

Kepada saya yang menemuinya di tempat usahanya di kawasan Tanjung Gusta, Kamis (23/6/2016), Ewie menceritakan, niat untuk mendaur ulang sterefoam muncul saat melihat banyaknya limbah sterefoam di sekitarnya. Jumlahnya juga tak sedikit dan sulit terurai dalam jangka waktu singkat. Akhirnya melalui pengetahuan dan kreativitas yang mereka miliki, Ewie dan Sena pun mendaur ulang limbah sterefoam tersebut menjadi bahan utama lazy chair.

“Saya membeli mesin pencacah sterefoam sebagai alat utama. Sterefoam yang umumnya berbentuk pipih atau papan tipis dibersihkan dengan cara dicuci dan kemudian dikeringkan. Setelah dikering, kemudian dicacah hingga bentuknya kecil-kecil. Selanjutnya dimasukkan ke dalam kain (cover) yang sudah dibentuk sesuai model. Kemudian dijahit. Lalu jadilah lazy chair,” katanya.

Sena mengatakan, saat ini Medan Bean Bag memproduksi beberapa model lazy chair yang dikelompokkan dalam tiga jenis cover yakni parasut, katum dan baldu. Model-modelnya antara lain: box chair, cube chair, laz chair, lazy chair, dan relax chair. Ukuran yang tersedia mulai dari kecil, sedang hingga besar.

29 Juni 2016-Medan Bean Bag

SAYA memegang lazy chair dengan model laz chair diameter 100 cm. Model ini dibanderol dengan harga Rp 150 ribu. (FOTO: EWIE)

Sena mengklaim produk lazy chair berbahan sterefoam yang ia produksi lebih unggul dibandingkan produk serupa dari bahan yang lain (non sterefoam) yakni lebih empuk dan mudah dibawa kemana-mana. Peruntukannya juga tak hanya di rumah. Tapi bisa juga digunakan di kolam renang, kantor ataupun di studi-studio televisi.

Lalu, berapa harga yang mereka tawarkan? Cukup terjangkau, mulai dari Rp 150 ribu (tergantung besar kecilnya ukuran dan bahan cover yang digunakan. Menurut Ewie, biasanya cover dari parasit lebih mahal, karena lebih tahan air dan mudah dibersihkan. “Kalau terkena noda, cukup basahi kain lalu gosok-gosongkkan ke bagian cover yang kotor. Jemur sebentar, sudah langsung kering,” kata Sena.

Gimana, tertarik? Untuk informasi lebih lanjut terkait produk daur ulang ini, dapat menghubungi Medan Bean Bag di Jl. Gaperta Ujung Gang Gereja No. 2 Deliserdang, telepon 0852 7769 7399. Bisa juga intip produk-produk mereka di facebook: Bagmedan Graha Bean dan instagram: Medan Bean Bag.(*)

4 responses to “Medan Bean Bag, Daur Ulang Sterefoam Menjadi Lazy Chair

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s