Oleh-oleh dari Dolok (Gunung) Singgalang, Ini Rincian Biaya dan Tips Mendaki Dolok Singgalang (4-Habis)

29-31 Agustus 2016-Oleh-oleh dari Dolok Singgalang-Bagian 4

BERFOTO sejenak dengan latar belakang Dolok (Gunung) Singgalang, kecamatan Silimakuta, kabupaten Simalungun, Sumatera Utara saat pendakian, Sabtu (13/8/2016). (FOTO: HENDY PERNANDO)

BAGI Anda yang belum pernah mendaki Dolok Singgalang dan ingin menjadikan Dolok Singgalang sebagai destinasi pendakian Anda selanjutnya, tak salah mempersiapkan diri, baik persiapan fisik maupun biaya.

Sebagai gunung yang waktu pendakiannya tidak lama (sekitar dua jam) dan bisa langsung kembali ke kota asal pendaki, maka biaya yang dikeluarkan relatif tidak banyak, apalagi jika pendaki berasal dari wilayah-wilayah terdekat dengan Kabupaten Simalungun, seperti Medan, Karo, Pematangsiantar dan lain-lain.

Biaya yang relatif mahal biasanya akan dirasakan pendaki dari luar Sumatera Utara. Hal tersebut dikarenakan membutuhkan biaya transportasi yang cukup banyak. Tetapi secara umu, jika menempuh perjalanan dari Medan, maka biaya transportasi tidak begitu besar.

Jika Anda berniat mendaki ke Dolok Singgalang, tak ada salahnya menjadikan biaya yang sudah saya  keluarkan sebagai panduan.

Meskipun saya dan teman-teman berangkat tiga orang, tapi saya menuliskan rincian biaya per satu orang. Anda hanya tinggal menyesuaikan saja berapa biayanya jika jumlah pendaki yang berangkat lebih dari satu orang.

Berikut ini, rincian biaya yang diperlukan:

  1. Ongkos angkot Rumah-Stasiun Bus Travel BTN Jaya Rp   5.000
  2. Ongkos Bus Travel Medan-Kampung Kasemak Rp  40.000

(Jika menggunakan bus travel, maka pendaki diantar langsung ke Kampung Kasemak. Tetapi jika menggunakan bus penumpang umum, pendaki harus menyambung. Dari Stasiun Bus Sutra/Sinabung/Borneo tujuan Kabanjahe dengan ongkos Rp 13.000, lalu menyambung Bus Cepat Sepadan tujuan Pajak Lama Saribulok Rp 10.000. Setelah itu berjalan kaki sejauh 3 kilometer menuju Kampung Kasemak. Dibandingkan mobil travel, lebih murah jika menggunakan bus penumpang umum)

  1. Biaya makan siang Rp   15.000
  2. Biaya snack selama pendakian Rp   25.000
  3. Biaya guide Rp 150.000

(Biaya guide ini hitungannya adalah per kelompok)

  1. Ongkos Bus Travel Kampung Kasemak -Medan                        Rp  40.000
  2. Ongkos angkot Stasiun Bus Travel BTN Jaya-Rumah Rp    5.000

Berikut ini beberapa tips yang ingin saya bagikan untuk Anda terkait pendakian ke Dolok Singgalang

  1. Anda dapat menggunakan dua jenis angkutan darat yakni Bus Travel dan Bus Penumpang Umum. Jika menggunakan Bus Travel maka Anda akan diantar langsung ke Kampung Kasemak. Sedangkan jika menggunakan Bus Penumpang Umum, pendaki harus menyambung. Dari Stasiun Bus Sutra/Sinabung/Borneo tujuan Kabanjahe, lalu menyambung Bus Cepat Sepadan tujuan Pajak Lama Saribulok. Setelah itu berjalan kaki sejauh 3 kilometer menuju Kampung Kasemak)
  2. Pendakian ke Dolok Singgalang dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, naik sekitar dua jam dan turun sekitar satu jam. Karena itu, jangan membawa beban berlebih agar tidak menyusahkan perjalanan Anda.
  3. Di hutan dan di puncak Dolok (Gunung) tidak ada sumber air, karena itu tidak disarankan untuk memasang tenda (menginap), kecuali Anda membawa persediaan air yang cukup.
  4. Agar kaki terhindar dari tumbuhan berduri, pohon haruntang, maka sebaiknya Anda mendaki dengan menggunakan sepatu yang menutupi semua kaki.
  5. Buah pohon haruntang mirip dengan rambutan. Tapi rambut di buah itulah yang merupakan duri. Jadi, jangan sembarangan memegangnya.
  6. Khusus untuk tumbuhan berduri lainnya, uyakni pohon tatada, warna durinya relatif sama dengan batang pohonnya. Jadi berhati-hatilah, jangan sembarangan memegang batang pohon.
  7. Dari Medan, angkutan ke Kampung Kasemak sudah beroperasi mulai pukul 06.00 WIB. Sedangkand ari Kampung Kasemak dengan tujuan Medan berakhir pukul 18.00 WIB. Agar tak ketinggalan angkutan, perhatikan waktu pendakian Anda. Jangan terlalu lama turun dari Dolok (Gunung).

Nah, semua informasi biaya dan tips pendakian selama di Dolok Singgalang sudah saya cantumkan. Bagaimana? Semoga membantu Anda yang ingin mewujudkan mimpi mendaki Dolok Singgalang. Pesan terakhir saya, persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan. Karena itu persiapkan diri Anda sebaik-baiknya, agar pendakian Anda berhasil dan memberi makna. Sonai Ma Lobei.. Horas..Horas..Horas…!!! Salam lestari.(*/habis)

4 responses to “Oleh-oleh dari Dolok (Gunung) Singgalang, Ini Rincian Biaya dan Tips Mendaki Dolok Singgalang (4-Habis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s