6 Tahun Tribun Medan: Kantor Tribun Ada di Gedung KG

21-september-2016-gedung-kg-1

AKU berfoto di dekat neon box yang ada di dekat pintu gerbang masuk, Gedung KG di Medan, Rabu (21/9/2016). (FOTO: IST)

21-september-2016-gedung-kg-2

AKU berfoto di depan gedung KG di Medan, Rabu (21/9/2016). (FOTO: IST)

SEBAGIAN dari Anda mungkin bertanya di mana Tribun Medan berkantor? Atau jika sudah pernah melewati kantor Tribun Medan dan masuk ke beberapa ruangan di dalamnya, mungkin bertanya-tanya kenapa ada di neon box (plang nama) di dekat gerbang masuk ada tulisan Kompas Gramedia (KG), Kompas dan Kompas TV. Begitu mendapati pintu masuk dan ruangan-ruangan di dalam kantor pun, embel-embel Kompas dan Kompas TV pun sudah terlihat.

Untuk Anda yang masih menyimpan tanya, aku berikan penjelasan sedikit ya. Tribun Medan dan KG punya ikatan yang erat. Tribun Medan adalah unit usaha dari PT Indopersda Primamedia, anak perusahaan dari KG yang bergerak di penerbitan pers daerah. Karena itulah, “kemana-mana” Tribun Medan dan KG memang kerap bersama, termasuk untuk urusan berkantor.

Pada awal berdirinya, Tribun Medan masih mengontrak tiga ruko masing-masing tiga lantai di kawasan Jl. Gatot Subroto Medan. Tetapi pada April 2012, seiring dengan selesainya pembangunan Gedung KG di Jl. Wahid Hasyim No. 37 Medan Baru, Medan, maka Tribun Medan pun resmi berkantor di Gedung KG tersebut.

Tak hanya Tribun Medan yang berkantor di Gedung KG. Selain Tribun Medan. Unit-unit usaha lainnya yang merupakan anak perusahaan KG juga berkantor di gedung yang sama, yakni perwakilan harian Kompas biro Medan, perwakilan tabloid Nova, Radio Sonora dan Radio Smart. Tetapi sekitar dua tahun lalu, perwakilan tabloid Nova sudah pindah. Tahun lalu, giliran Radio Sonora dan Radio Smart yang pindah dari gedung KG. Kedua radio tersebut menempati kantor baru di Jl. Sei Petani Medan. Sepeninggal Radio Sonora dan Radio Smart, masuklah Kompas TV biro Medan yang menggunakan ruangan bekas Radio Sonora dan Radio Smart. Dengan demikian, saat ini ada tiga unit usaha milik KG yang berkantor di Gedung KG, Jl. Wahid Hasyim No. 37 Medan yakni: perwakilan harian Kompas biro Medan, harian Tribun Medan dan Kompas TV biro Medan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Gedung KG Medan di Jl. Wahid Hasyim No. 37 dibangun 3 lantai dengan desain minimalis modern. Pada bagian depan, gedung ini menggunakan warna dominan merah dan putih. Di lantai dasar, difungsikan sebagai ruang parkir, pos satpam, dan ruang penerimaan iklan Tribun Medan. Di lantai 21 menjadi tempat harian Kompas dan Kompas TV biro Medan berkantor. Di lantai 2 dan lantai 3 menjadi “wilayah” Tribun Medan.

Untuk lantai 2 Tribun Medan difungsikan sebagai ruang divisi usaha yang terdiri dari bagian iklan, bagian sirkulasi dan pemasaran, bagian sumber daya manusia (SDM), bagian keuangan, bagian promosi, dan ruang divisi pemimpin usaha. Di lantai 2 ini juga terdapat ruang rapat, pantry dan ruang tunggu. Untuk lantai 3 Tribun Medan difungsikan sebagai ruang divisi redaksi yang terdiri dari bagian pemberitaan (newsroom), bagian information and technology (IT), bagian dokumentasi dan ruang pemimpin divisi redaksi. Di lantai 3 ini juga terdapat ruang rapat, ruang salat dan pantry.

Kalau ingin menemukan ritme kehidupan yang nyaris tanpa henti, maka Gedung KG lah tempatnya. Sebagai surat kabar yang terbit tiap pagi dan tiap hari, maka hampir 24 selalu ada aktivitas di gedung KG, khususnya yang berkaitan dengan produksi Tribun Medan. Mulai pagi pukul 08 hingga sore pukul 17.30 WIB adalah giliran mayoritas karyawan di divisi usaha Tribun Medan, karyawan perwakilan harian Kompas dan karyawan Kompas TV biro Medan yang beraktivitas, maka mulai sore pukul 15.00 WIB hingga dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, giliran karyawan di divisi redaksi yang beraktivitas.

Nah, semoga sedikit penjelasan ini semakin menambah informasi tentang apa kaitan Tribun Medan dengan Kompas Gramedia (KG), dan mengapa Tribun Medan berkantor di gedung yang sama dengan perwakilan harian Kompas Medan dan Kompas TV biro Medan. Semoga penjelasan ini juga membuat Tribun Medan semakin melekat di hati Anda dan menjadikan Tribun Medan referensi terpercaya Anda. Semoga.(*)

2 responses to “6 Tahun Tribun Medan: Kantor Tribun Ada di Gedung KG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s